Home » , » 5 Cara Screenshots Pada Laptop Windows 10, Bisa Kalian Praktekin Sekarang

5 Cara Screenshots Pada Laptop Windows 10, Bisa Kalian Praktekin Sekarang


5 Cara Screenshots Pada Laptop Windows 10 - Berikut ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menscreenshot atau sering juga disebut screen capture layar laptop kamu.

cara screenshot laptop di windows 10 - 5 cara


Di postingan ini akan kami share 5 cara. Di mana semua cara tersebut adalah bawaan Windows 10. Jadi ga perlu lagi install atau menggunakan aplikasi atau software tambahan.

Snipping Tool

cara screenshot di laptop windows - snipping tool


Untuk menemukan fitur ini, klik menu Windows Start > Scrool > Pilih Snipping Tool. Untuk menggunakan aplikasi ini, cukup klik baru untuk memulai prosesnya.

Tipe screenshot standar yang biasa digunakan adalah screenshot persegi panjang. Anda tinggal menarik mouse untuk memilih area layar laptop yang ingin Anda capture/ screenshot.
Kelebihan dari snipping tool adalah ketersediaan gratis, bisa screenshot layar penuh, bisa screenshot layar tertentu, bentuk screenshot bisa persegi panjang-bisa juga freeform.

Intinya aplikasi ini cukup lengkap dalam hal screenshot.

Setelah mengambil screenshot jangan lupa untuk menyimpan secara otomatis sebelum Anda meninggalkan jendela aplikasi. Kemudian segera membuka aplikasi PHOTO atau Graphic editing di Laptop atau PC untuk mengedit hasil dari screenshot yang diambil sebelumnya.

Tombol PrtSc

cara screenshot laptop di windows 10 - prtsc


Yang kedua adalah cara screenshot yang paling sering digunakan adalah dengan menekan tombol PrtSc atau PrtScn atau Prtsc SysRq yang biasanya ditemukan di sudut kanan atas.
Perbedaannya dengan aplikasi snipping tools adalah bahwa pada Windows 10, jika Anda menggunakan cara yang ini, gambar yang Anda ambil screenshotnya secara otomatis disimpan dalam folder screenshot. Di mana folder ini berada pada folder Picture.

Tombol Windows + PrtSc

Cara ketiga adalah dengan menekan tombol Windows dengan PrtSc atau PrtScn. Dengan menekan dua tombol ini, Anda mengambil layar laptop Anda secara keseluruhan dan menyimpannya secara otomatis di folder screenshot.

Tanda jika Anda berhasil mengambil screenshot jika layar laptop Anda, yaitu layar akan menjadi agak gelap dan masih akan normal dalam sekejap mata. Layar laptop seperti berkedip saat screenshot berlangsung.

Keuntungan dari fitur ini adalah bahwa Anda bisa mengambil screenshot layar laptop secara beruntun berulang, tapi tanpa harus menyimpannya secara manual. Akab tersimpan otomatis di folder screenshot.

Windows + H

Cara keempat yang Anda bisa mencobanya adalah cara baru di Windows 10. Untuk mengambil capture di layar untuk tujuan berbagi, Anda dapat memencet tombol H dan  Windows di keyboard bersamaan.

Dengan melakukan ini secara otomatis, layar yang Anda capture secara otomatis bisa dishare di medsos lewat fitur Windows share Toolbar, sehingga Anda dapat segera mengirim file ke teman Anda melalui berbagai jaringan sosial yang terhubung dengan medsos Anda.

Alt + PrtSc

Cara kelima adalah salah satu cara cepat dan merupakan perubahan dalam cara yang berbeda, menekan tombol ALT pada saat yang sama dengan PrtSc/PrtScn pada keyboard.

Dengan menekan kedua tombol, Anda mengambil gambar/capture dari layar aplikasi yang sedang live. Kekurangannya adalah sama dengan cara kedua dan ketiga, Anda perlu menyimpan hasil screenshot laya secara manual dengan mengklik paste ke aplikasi grafis atau office.

Dari 5 Cara Screenshot Laptop Windows 10, Mana Pilihanmu ?


Newest
You are reading the newest post